Home »
Tanpa Label »
Sejarah Motor 2 tak
2 tak - Mengenal lebih dalam lagi tentang motor 2 tak
Pada tahun 1823 ada seorang ilmuan jenius yang bernama Leonir, yang berasal dari seorang kebangsaan perancis ia pertama kali menemukan motor bakar 2 tak. Ilmuan tersebut mampu membuat mesin pembakaran dengan dua dorongan putaran yang sekarang kita kenal sebagai mesin 2 tak namun di jaman sekarang 2 tak sudah hampir punah , tinggal beberapa unit saja di indonesia karna jaman sudah maju dan tekhnologi sudah berkembag di tambah lagi sekarang sudah ada mesin yang lebih simpel dan lebih bagus karna sudah menggunakan tekhnologi yang moderen.
Tetapi Mesin 2 tak tersebut adalah mesin yang sangat sederhana di banding mesin 4 tak pada era tahun 90 an sampai dengan thn 2000 mesin ini sangat terkenal dengan performance nya yang sangat baik. kenapa bisa di sebut lebih sederhana dari 4 tak?..
Karena komponen mesin 2 tak tidak lah terlalu banyak, tapi ada sesuatu yang harus kita pahami yaitu tentang bahan bakarnya, bahan bakar mesin 2 tak harus di campur dengan oli samping karena oli samping di dalam mesin 2 tak sangat lah berpengaruh penting, karena sebagai pelumas ruang bakar dan juga untuk melumasi bagian bagian dalam mesinya Berikut prinsip kerja mesin 2 tak...
- Prinsip kerja mesin 2 tak :
A. pada langkah kompresi dan hisap : Pada saat langkah hisap udara bensin masuk ke dalam ruang bakar dengan bantuan pompa hisap piston bergerak dari TMB (titik mati bawah) menuju ke TMA (titik mati atas). Saluran masuk membuka sehingga udara bensin pun masuk ke dalam dengan bantuan pompa udara. Sesaat setelah saluran hisap menutup dan saluran buang menutup, maka di mulai lah di lakukanya langkah kompresi hingga tekanan udara mencapai 700 - 900°C
B. Langkah usaha dan buang sebelum piston mencapai TMA (titik mati atas) injector akan menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar dan ini juga sebagai pembakaran awal karena bahan bakar bercampur dengan udara bersih dan bertekanan tinggi makan akan menghasilkan proses pembakaran yang sempurna akibat nya akan mendorong piston dan piston pun akan bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah). Sesaat piston belum mencapai TMB (titik mati bawah) katup buang sudah mulai membuka dan bila saluran hisap membuka maka udara bersih pun akan membantu mendorong gas sisa hasil pembakaran ke luar.
Jadi sekarang Tergantung selera orang masing masing saja Karna jaman sudah semakin pesat berkembang, bagaimana menurut sobat info yang kami berikan, bagi pecinta dunia otomotif khususnya para penggemar 2 tak, dan saya sendiri juga salah satunya penggemar 2 tak semoga artikel singkat ini dapat menambah ilmu dan wawasan, ya walaupun sedikit dan juga semoga bermanfaat ...
doidoi
Agustus 01, 2018
Admin
Bandung Indonesia
Sejarah Motor 2 tak
2 tak - Mengenal lebih dalam lagi tentang motor 2 tak
Pada tahun 1823 ada seorang ilmuan jenius yang bernama Leonir, yang berasal dari seorang kebangsaan perancis ia pertama kali menemukan motor bakar 2 tak. Ilmuan tersebut mampu membuat mesin pembakaran dengan dua dorongan putaran yang sekarang kita kenal sebagai mesin 2 tak namun di jaman sekarang 2 tak sudah hampir punah , tinggal beberapa unit saja di indonesia karna jaman sudah maju dan tekhnologi sudah berkembag di tambah lagi sekarang sudah ada mesin yang lebih simpel dan lebih bagus karna sudah menggunakan tekhnologi yang moderen.
Tetapi Mesin 2 tak tersebut adalah mesin yang sangat sederhana di banding mesin 4 tak pada era tahun 90 an sampai dengan thn 2000 mesin ini sangat terkenal dengan performance nya yang sangat baik. kenapa bisa di sebut lebih sederhana dari 4 tak?..
Karena komponen mesin 2 tak tidak lah terlalu banyak, tapi ada sesuatu yang harus kita pahami yaitu tentang bahan bakarnya, bahan bakar mesin 2 tak harus di campur dengan oli samping karena oli samping di dalam mesin 2 tak sangat lah berpengaruh penting, karena sebagai pelumas ruang bakar dan juga untuk melumasi bagian bagian dalam mesinya Berikut prinsip kerja mesin 2 tak...
- Prinsip kerja mesin 2 tak :
A. pada langkah kompresi dan hisap : Pada saat langkah hisap udara bensin masuk ke dalam ruang bakar dengan bantuan pompa hisap piston bergerak dari TMB (titik mati bawah) menuju ke TMA (titik mati atas). Saluran masuk membuka sehingga udara bensin pun masuk ke dalam dengan bantuan pompa udara. Sesaat setelah saluran hisap menutup dan saluran buang menutup, maka di mulai lah di lakukanya langkah kompresi hingga tekanan udara mencapai 700 - 900°C
B. Langkah usaha dan buang sebelum piston mencapai TMA (titik mati atas) injector akan menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar dan ini juga sebagai pembakaran awal karena bahan bakar bercampur dengan udara bersih dan bertekanan tinggi makan akan menghasilkan proses pembakaran yang sempurna akibat nya akan mendorong piston dan piston pun akan bergerak dari TMA (titik mati atas) ke TMB (titik mati bawah). Sesaat piston belum mencapai TMB (titik mati bawah) katup buang sudah mulai membuka dan bila saluran hisap membuka maka udara bersih pun akan membantu mendorong gas sisa hasil pembakaran ke luar.
Jadi sekarang Tergantung selera orang masing masing saja Karna jaman sudah semakin pesat berkembang, bagaimana menurut sobat info yang kami berikan, bagi pecinta dunia otomotif khususnya para penggemar 2 tak, dan saya sendiri juga salah satunya penggemar 2 tak semoga artikel singkat ini dapat menambah ilmu dan wawasan, ya walaupun sedikit dan juga semoga bermanfaat ...
0 Comment for "Sejarah Motor 2 tak"